ANALISA KEMELUT YAMAN & HOUTHI

Rakyat Yaman,Syiah Zaidiyah & Sunni selalu hdp rukun.Tapi krn menolak tunduk pd tetangganya yg arogan, diganggu dg desain konflik sektarian.
Kawasan luas kaya minyak Yaman hingga kini dikuasai tetangganya yg rakus. Krn ini Yaman menjadi salah satu negara termiskin di Timteng.
Meski Mazhab Syiah Zaidiyah dianut mayoritas,para penganutnya tdk menuntut hak menguasai negara. Walau sgt kuat, Houthi tdk ambil kekuasaan.
Abdul Malik Houthi dihormati oleh publik Zaidiyah krn ayah dan keluarganya adalah pejuang kemerdekaan. Bbrp thn lalu saudaranya terbunuh.
Houthi dan pendukungnya tdk melakukan perlawanan militer thdp Pemerintah tp memerangi Al-Qaeda sbg operator tetangga yg ingin melemahkannya.
Ansarullah di tangan Abdul Malik jadi wadah people power terutama di Utara dg agenda melindungi Yaman dari intervensi asing dan ekstremisme.
Houthi menekan rejim boneka Saudi yg korup dan diskriminatif utk mundur dan menyerukan dibentuknya pemerintahan demokratis dan akomodatif,
Selama di bwh dominasi Saudi ekonomi Yaman terpuruk,akibat korupsi, kesenjangan sosial dan kemakmuran antara Utara & Selatan menganga lebar.
Demi menggagalkan reformasi dan rekonsiliasi yg diperjuangkan Houthi, dilakukan manipulasi opini dg melukiskannya sbg konflik sektarian.
Tapi Houthi dan rakyat Yaman tlh mengambil pelajaran dari Suriah. Houthi tdk bisa diBasharkan krn dia tdk berkuasa dan tak berambisi utk itu
Abdul Malik tdk menobatkan sbg Imam besar atau pemimpin spiritual. Pemuda yg selama bbrp thn mendalami filsafat ini punya kemampuan retorika
Siapapun yg berakal jernih dan menguasai bahasa Arab akan terkesima mendengar pidatonya yg sarat analisis dan pesan2 toleransi jg kebangsaan
Houthi menjadi idola yg dinantikan cukup lama oleh rakyat miskin Ydan pemuda2 Yaman yg tdk mendapatkan pekerjaan krn korupsi dan oligarki.
Media mainstream mengulang kecerobohan ttg Yaman spr saat mengulas dan memberitakan Suriah. Tokoh reformasi ini justru dianggap pemberontak.
Spt sblmnya dlm kasus pemberitaan ttg Suriah, media mainstream dan media intoleran sama2 memojokkan Houthi yg didukung rakyat miskin Yaman.
Di Yaman ada 3 opsi;1)mendukung reformasi:2)mendukung ekstremis yg bermimpi "negara khilafah global";3) mendukung rezim korup boneka asing.
Yaman dimiskinkan tetangga2 yg rakus dan rela kehilangan kehormatan dan kedaulatan demi kemakmuran. Houthi yg cinta negaranya sadari itu.
Sama dg Houthi, Hasan Nasrallah, yg punya pengaruh politik, sosial dan militer terbesar di Libanon terbukti akomodatif dan taat konstitusi.
Nasrallah pertahankan milis Hezbollah demi melindungi Lebanon dr Israel. Ia tdk prnh bicara sbg org Syiah tp selalu bicara sbg warga Lebanon
Yg perlu dipahami ialah, Syiah itu dinamis, adaptatif dan otonom. Syiah di Yaman, Irak,Lebanon,Iran,Bahrain dll punya ciri lokalnya masing2.
Nasrallah tdk bercita2 mendirikan republik Islam ala Iran tapi beroirentasi pada penguatan negara sekular krn fakta mayarakat yg heterogen.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

orgasme wanita muncrat ,Membuat Wanita Muncrat saat Ejakulasi Squirting

persyaratan pendaftaran fakultas kedokteran dan kesehatan tahun Akademik 2014-2015