UMB unsyiah

Bagi calon mahasiswa yang tidak lulus di Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) jangan khawatir, ada penerimaan mahasiswa jalur Ujian Masuk Bersama (UMB) 2012/2013 yang melibatkan 13 Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dan 8 Perguruan Tinggi Swasta (PTS).

Samsul Rizal, Ketua Pelaksana UMB Wilayah Aceh menjelaskan untuk Unsyiah tahun ini akan menampung 708 mahasiswa di jalur UMB, dan jumlah tersebut memang termasuk sedikit.

"Unsyiah tetap memberikan kesempatan jalur UMB kepada lulusan SMA sederajat di Aceh untuk mendapatkan kesempatan kuliah di perguruan tinggi 'jantong hatee rakyat Aceh', meski mereka telah mengikuti seleksi di SNMPTN,” ujar Samsul Rizal, Kamis 21 Juni 2012.

Kuota untuk menampung pendaftar UMB memang lebih kecil dibandingkan jalur lain, seperti jalur undangan yang menerima 1.409 mahasiswa, 2.093 orang melalui ujian tulis, 3.237 orang dari jalur Seleksi SNMPTN, 514 orang dari jalur Tes Penjajakan Bidang Ilmu- Ujian Seleksi Masuk Universitas (TPBI-USMU) dan 750 orang melalui jalur mandiri.

Di Unsyiah sendiri pendaftaran jalur UMB telah dibuka sejak tanggal 4 Juni lalu, sedangkan Universitas Malikussaleh Lhoksemawe juga membuka jalur tersebut hingga 18 Juli mendatang.

"Seluruh jalur masuk lainnya akan dibuka setelah pengumuman SNMPTN, jadi peserta yang memiliki kode akses pendaftaran (KAP) dan Pin SNMPTN dapat mendaftar langsung tanpa membayar biaya ujian," ujar Samsul.

Seluruh universitas yang terdata menerima mahasiswa jalur UMB akan melaksanakan ujian pada 22 Juli mendatang dan pengumuman hasil seleksi jalur itu akan diumumkan tanggal 31 Juli 2012. sedangkan hasil ujian tulis SNMPTN akan diumumkan pada 7 Juli mendatang.

Namun untuk pembayaran jalur UMB cenderung lebih mahal dari jalur lainnya. seperti untuk paket program studi IPA dan IPS seharga Rp300.000 sedangkan untuk paket program studi IPC seharga Rp325.000. Pendaftaran dapat dilakukan di Bank dan peserta harus mengisi biodata secara online.[]

Komentar

Postingan populer dari blog ini

orgasme wanita muncrat ,Membuat Wanita Muncrat saat Ejakulasi Squirting

Puskesmas di Aceh Besar Buang Limbah Sembarangan