Membangun Aceh Besar Cukup Dua Program

ACEH BESAR- Wakil Ketua DPR Aceh, Sulaiman Abda mengatakan, untuk membangun Kabupaten Aceh Besar sebenarnya tidak begitu sulit, cukup dengan memfokuskan pada dua program yakni pertanian dan peternakan. Bila dua sektor ini digarap secara fokus dan serius, dapat dipastikan perekonomian masyarakat daerah setempat akan meningkat tajam.

ketika dimintai tanggapannya tentang pembangunan Aceh Besar. “Dua sektor seharusnya menjadi andalan Pemkab Aceh Besar,” katanya.

Menurutnya, potensi sumber daya alam yang dimiliki daerah ini cukup mendukung untuk pengembangan kedua sektor itu. Misalnya, untuk sektor pertanian, daerah ini memiliki areal sawah cukup luas dan subur, karena didukung dengan sumber air yang melimpah.

Tetapi potensi ini tidak pernah digarap secara serius oleh pemerintah setempat selama ini, katanya, bahkan terkesan tidak begitu dipedulikan. Buktinya, banyak areal sawah yang masih tadah hujan, dan saluran irigasi yang rusak tidak diperbaiki.

Ketika krisis ekonomi melanda Indonesia pada tahun 1997-1999, katanya, sektor pertanian telah terbukti mampu bertahan dan tidak terkena dampaknya. “Malah sektor lain yang cukup rapuh terkena krisis. Apalagi para pengamat memerkirakan dunia dalam waktu dekat akan terjadi krisis pangan. Saya kira peluang ini harus mampu kita manfaatkan,” ujarnya.

Disamping sektor pertanian, katanya, sektor peternakan juga merupakan andalan bagi Aceh Besar yang harus mendapat perhatian serius. Karena dengan kondisi sumber daya alam, sektor peternakan cukup baik dikembangkan disini.

Peluang pasar untuk sektor peternakan sapi juga masih terbuka lebar di Aceh, ujarnya, sebab hampir setiap tahun Aceh selalu memasok daging sapi dalam jumlah besar dari luar daerah dan luar negeri. “Kalau saja di Aceh Besar ada peternakan sapi yang cukup besar, saya kira kebutuhan daging untuk Aceh tidak perlu di datangkan dari luar daerah dan luar negeri setiap tahun,” ujarnya.

Pihaknya, berharap kepada Pemerintah Kabupaten Aceh Besar supaya dapat memperhatikan dua sektor ini secara serius dengan mengalokasikan dana yang memadai

Komentar

Postingan populer dari blog ini

orgasme wanita muncrat ,Membuat Wanita Muncrat saat Ejakulasi Squirting

persyaratan pendaftaran fakultas kedokteran dan kesehatan tahun Akademik 2014-2015