Tahun 2011 Dana PNPM Aceh Bertambah 103 M

Banda Aceh - Pemerintah memberikan dana Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) kepada Pemerintah Aceh tahun 2011 sebesar 533,3 Milyar. Penambahan dana sebesar 103 Milyar dari tahun sebelumnya, yaitu sebanyak 403 Milyar, adalah sebagai reward kepada pemerintah Aceh karena Aceh punya dana Bantuan Keuangan Peumakmu Gampong (BKPG).

“Dana PNPM yang diterima tahun 2011 ini adalah dana terbesar yang diberikan oleh pemerintah kepada Pemerintah Aceh” sebut Kepala Badan Penanggulangan Masyarakat, Ali Basyah, Jum’at (10/6). Dia menjelaskan, Aceh mendapat dana PNPM sejak tahun 2007 hingga tahun 2011. Dan selama lima tahun, dana bantuan ini telah dipakai oleh 247 kecamatan dan 18 kabupaten kota di Aceh.

Pemanfaatan dana ini adalah untuk pembangunan infrastruktur di pedesaan, seperti pembangunan jalan, saluran irigasi, sarana pendidikan, sarana air bersih, sarana kesehatan dan modal usaha kelompok ibu-ibu di pedesaan. Selain dana PNPM, pemerintah Aceh juga menyiapkan dana BKPG yang pada tahun 2011 ini diberikan sebesar 299,3 Milyar. Sedangkan untuk tahun 2010 dana yang dikucurkan sebanyak 468,5 Milyar lebih.

“Dana BKPG adalah dana yang diberikan oleh Gubernur Aceh untuk desa-desa yang tidak mendapatkan dana PNPM karena keterbatasan dana,”ujarnya. Ali Basyah menambahkan dari dana BKPG tersebut, 28% dipakai oleh masyarakat untuk pembangunan dan infrastrukur. Jika diukur sekitar 1867 km, sama seperti tiga kali lipat panjang jalan Banda Aceh-Medan yang dibangun oleh masyarakat dengan dana BKPG.

Sebanyak 18% digunakan untuk membangun saluran irigasi, saluran tersier dan media saluran pembuang untuk lingkungan. Dari total dana tersebut, sekitar 26% digunakan sebagai modal usaha kelompok ibu-ibu di pedesaan, nilainya itu mencapai 195 Milyar. Dari seluruh gampong yang ada di Aceh, gampong terbaik dalam pengelolaan dana PNPM tahun 2010 ini adalah gampong Ujong Drien, kecamatan Meureubo, Aceh Barat.

Gampong tersebut nantinya akan mendapatkan hadiah berupa uang tunai serta 1 unit komputer. Hadiah itu nantinya akan diserahkan secara simbolis oleh Gubernur Aceh, Irwandi Yusuf, dalam acara peringatan bulan bakti gotong royong di Takengon tanggal 14 Juni 2011 mendatang.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

orgasme wanita muncrat ,Membuat Wanita Muncrat saat Ejakulasi Squirting

persyaratan pendaftaran fakultas kedokteran dan kesehatan tahun Akademik 2014-2015