angka kemiskinan diaceh masih terbilang tinggi

Wakil Ketua MPR-RI, Ahmad Farhan Hamid mengatakan jumlah penduduk miskin di Aceh mencapai satu juta jiwa, atau 20 persen dari lima juta penduduk Aceh pada awal 2011.Angka ini sangat memprihatikan sehingga membutuhkan kerterlibatan banyak pihak dalam mengatasi hal ini. Kami tidak bisa hanya menyalahkan pemerintah terkait hal ini,” kata Farhan Hamid saat pembukaan Unsyiah Fair ke 7, di Gedung AAC Dayan Dawood, Senin (13/6).

Menurutnya, hitungan20 persen jumlah penduduk miskin ini merupakan hasil Sensus Nasional. Penduduk yang dimasukkan dalam kategori miskin adalah masyarakat yang berpendapatan di bawah 1 dolar perhari berdasarkan standar nasional.

”Jumlah ini sangat bertolak belakang dengan keadaan Aceh yang sumber daya alam dan kekayaan lainnya melimpah,” jelasnya.

Jika diukur berdasarkan standar internasional, kata dia, masyarakat yang dikategorikan miskin adalah mereka yang berpendapatan di bawah 2 dolar perhari. Jika standar ini digunakan, jumlah penduduk miskin di Aceh bertambah dua kali lipat.

”Artinya kemiskinan masih menjadi persoalan utama di daerah ini,” kata politisi Partai Amanat Nasional (PAN) asal Aceh itu.

Sedangkan di bidang kesehatan, kata Farhan, berdasarkan Sensus tahun 2010, Aceh menempatkan diri pada posisi 10 besar daerah dengan pelayanan kesehatan yang buruk. Daftar ini juga mencatat, Aceh satu-satunya daerah wilayah barat dengan prestasi buruk di bidang tersebut.

”Ini adalah persoalan mengapa daerah ini butuh keterlibatan semua pihak dalam melaksanakan pembangunan. Data di tingkat nasional juga menyebutkan jumlah rumah tidak layak huni di Aceh berjumlah 100 ribu unit. Jika pertahun Pemerintah Aceh hanya mampu membangun seribu unit, maka dibutuhkan 100 tahun lagi untuk mengatasi persoalan ini,” tandas dia.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

orgasme wanita muncrat ,Membuat Wanita Muncrat saat Ejakulasi Squirting

persyaratan pendaftaran fakultas kedokteran dan kesehatan tahun Akademik 2014-2015